PRODI SISTEM INFORMASI POLNUSTAR, SERTIFIKASI 55 MAHASISWA BERSTANDAR BNSP

PRODI SISTEM INFORMASI POLNUSTAR, SERTIFIKASI 55 MAHASISWA BERSTANDAR BNSP

Tahuna, polnustar.ac.id – Jurusan Teknik Komputer dan Komunikasi Program Studi Sistem Infromasi Politeknik Negeri Nusa Utara, menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk Pelatihan dan Sertifikasi BNSP Database Administrator untuk Mahasiswa.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Direktur Politeknik Negeri Nusa Utara Ferdinand Gansalangi, S.Kep, MM, M.Kes. Dalam sambutan singkatnya menyatakan bahwa “Pelatihan Sertifikasi Kompetensi Database Administrator merupakan salah satu program akademik Polnustar dalam upaya melegitimasi kompetensi setiap lulusan agar memiliki pengakuan atas penguasaan ilmu yang dimiliki sesuai standar kompetensi nasional, serta menjadi dokumen pendamping ijasah. Di akhir sambutannya Direktur berharap agar seluru peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dengan predikat kompeten sebagai tenaga ahli Database Administrator yang nantinya akan sangat membantu dalam memasuki dunia kerja, setelah meyelesaikan studi dari Jurusan Teknik Komputer Program Studi Sistem Informasi Politeknik Negeri Nusa Utara”.

Pelatihan dan Sertifikasi BNSP Database Administrator merupakan kerjasama antara Jurusan Teknik Komputer Program Studi Sistem informasi Politeknik Negeri Nusa Utara dengan Lembaga Sertifikasi Profesi INIXINDO Bandung. Pelatihan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dimulai pada tanggal 9 -11 November 2022 dengan metode hybrid, menggunakan 3 (tiga) laboratorium (Lab. Rekayasa Perangkat Lunak, Lab.Multimedia dan Lab. Jaringan). Materi-materi pelatihan yang diterima oleh peserta Sertifikasi terdiri dari: 1. Structured Query Language (SQL), 2. Proses Backup dan Restore Database, 3. Mengelola dan Memantau Database, 4. Mengidentifikasi dan Menyelesaikan Masalah Kinerja Database. Materi tersebut telah disesuaikan dengan standar kompetensi lulusan sehingga memiliki keselarasan antara sertifikasi dengan mata kuliah.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan akan menunjang ketercapaian pembelajaran serta kualifikasi sesuai dengan SKKNI Level 5 sekaligus bagian penting dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). (ol)