MONITORING DAN EVALUASI PASCA AKREDITASI PROGRAM STUDI KEPERAWATAN

MONITORING DAN EVALUASI PASCA AKREDITASI PROGRAM STUDI KEPERAWATAN

Tahuna, polnustar.ac.id Pada hari Kamis 10 November 2022 melaksanakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pasca Akreditasi Program Studi D3 Keperawatan oleh LAM-PTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan). Monev dahulunya disebut dengan istilah Surveilans, namun semenjak adanya SK LAM-PTKes Nomor 27 Tahun 2021 tepatnya pada tanggal 12 November 2021 istilah Surveilans dirubah nomenklaturnya menjadi Monitoring dan Evaluasi Pasca Akreditasi.

Tujuan dari Monitoring dan Evaluasi pasca akreditasi adalah untuk memantau dan mengevaluasi program studi kesehatan yang telah terakreditasi dengan peringkatnya. Program studi D3 Keperawatan Polnustar telah mendapatkan Sertifikat Akreditasi dengan peringkat B (Baik) pada tanggal 24 Agustus 2019 dan berlaku sampai 23 Agustus 2024.

Kegiatan monev ini dilaksanakan secara online/ darin (dalam jaringan) dengan Dr. Erfina, S.Kep, M.Kep (Universitas Hasanuddin) sebagai Asessor LAM-PTKes, kemudian dibuka secara resmi oleh Direktur Politeknik Negeri Nusa Utara secara online, dan selama kegiatan monev didampingi oleh Wakil Direktur I Bidang Akademik, Wakil IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Pimpinan Jurusan Kesehatan, Pimpinan, Dosen, laboran dan staf Prodi Keperawatan.

Sebelum dilakukan Monitoring dan Evaluasi Pasca Akreditasi, LAMPT-Kes secara online mengirimkan rekomendasi asesor pada saat akreditasi yang dikirimkan via akun SIMAk (Sistem Manajemen Akreditasi) LAM-PTKes dan e-mail pimpinan Jurusan dan Prodi, rekomendasi tersebut dalam beberapa waktu lamanya harus ditindaklanjuti oleh pihak prodi kemudian pada waktu yang ditentukan harus memberikan progress tindak lanjut tersebut bersama dengan dokumen pendukung yang di upload pada akun LAM-PTKes Prodi. Kemudian tindak lanjut yang sudah dikirimkan akan ditanggapi kembali dan pihak LAM-PTKes dengan Prodi akan membuat kesepakatan waktu untuk melaksanakan kegiatan Monev Pasca Akreditasi, yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 November 2022.

Kegiatan tersebut dimulai pada Pukul 09.30 WITA sampai pukul 12.00 WITA, dan berlangsung dengan baik serta mendapatkan respon positif dari asesor. Asesor menanggapi bahwa sebagian besar telah ditindaklanjuti sesuai dengan review asesor sebelumnya, namun ada beberapa rekomendasi yang berfungsi untuk lebih meningkatkan kualitas prodi D3 Keperawatan. Wakil Direktur Bidang I Akademik, menyampaikan Ucapan Terima Kasih mewakili Direktur dan Pimpinan Jurusan serta Prodi Keperawatan Polnustar kepada asesor Dr. Erfina serta mengharapkan setiap masukan dan rekomendasi yang disampaikan bisa menjadi perbaikan untuk ke depan prodi keperawatan menjadi lebih baik lagi.(GT)