Kegiatan PELATIHAN BASIC TRAUMA CARDIAC LIFE SUPPORT (BTCLS) 2023

Kegiatan PELATIHAN BASIC TRAUMA CARDIAC LIFE SUPPORT (BTCLS) 2023

Polnustar.ac.id – Pada hari Selasa-Jumat, tanggal 11-14 Juni 2023, Program Studi (Prodi) Keperawatan Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) bekerjasama dengan Himpunan Perawat Gawat Darurat Bencana (HIPGABI) organisasi di bawah PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia)  DPW Provinsi Sulawesi Utara mengadakan kegiatan Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS). Tim HIPGABI yang datang dari Manado berjumlah 9 orang yang dipimpin oleh Ns. Oldy Rembet, S.Kep yang merupakan Sekretaris HIPGABI sekaligus Sekretaris PPNI DPW Provinsi Sulawesi Utara dan diikuti oleh kurang lebih 70 mahasiswa semester 4 yang menjadi peserta. Ketua DPD PPNI Sulawesi Utara Ns. Conny J. Surudani, S.Kep, M.Kes juga turut hadir dalam kegiatan Pembukaan Pelatihan BTCLS dan kegiatan BTCLS secara resmi dibuka oleh Wakil Direktur Bidang I Akademik Jefry A. Mandeno, S.Pi, M.Si.

Menurut Ns. Oldy Rembet, S.Kep bahwa Pelatihan BTCLS saat ini merupakan salah satu syarat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang perawat jika akan melamar pekerjaan di Rumah Sakit, sehingga dengan begitu perawat yang sudah memiliki sertifikat BTCLS akan lebih membuka peluang untuk diterima di berbagai rumah sakit.

Materi pembuka pada hari pertama dibawakan oleh Ns. Sisko Sipir S.Kep, M.Kes yaitu Materi Building Learning Commitment. Selanjutnya pada hari kedua dan ketiga di fokuskan untuk Materi Trauma dan Cardiac. Dan ditutup pada hari keempat dengan Evaluasi, Materi Etik Legal Keperawatan Gawat Darurat dan yudisium.

Hasil dari yudisium menelorkan 70 peserta yang semuanya lulus dengan hasil yang sangat baik. Akhirnya, pada hari terakhir penutupan ditutup secara resmi oleh Direktur Politeknik Negeri Nusa Utara Bpk. Ferdinand Gansalangi, SKM, ME, M.Kes dengan harapan semoga apa yang didapatkan oleh adik-adik mahasiswa selama 4 hari pelatihan dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Apabila mahasiswa mendapati kejadian kecelakaan di jalan atau di lingkungan sekitar, mahasiswa yang telah lulus dengan sertifikat BTCLS wajib memberikan pertolongan sesuai yang dipelajari.(GT)