PERINGATAN HUT RI KE 74  DI KAMPUS POLITEKNIK NEGERI NUSA UTARA

PERINGATAN HUT RI KE 74 DI KAMPUS POLITEKNIK NEGERI NUSA UTARA

POLNUSTAR (17/08/2019 ) Upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 tahun 2019 di Politeknik Negeri Nusa Utara (POLNUSTAR) berlangsung khidmat tadi pagi. Peringatan HUT RI ke 73 ini ditandai dengan upacara bendera di lapangan Upacara POLNUSTAR, dihadiri oleh seluruh Civitas Akademik Polnustar, dan para undangan ,serta Direktur, Dosen, staf dan mahasiswa dari PTS tetangga Akademi Keuangan Perbankan GMIST Tahuna.

Prof.Dr.Ir. Frans G. Ijong,MSc  selaku Direktur POLNUSTAR, bertindak sebagai pembina upacara, alam kesempatan tersebut Direktur menyampaikan sambutan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir. Menristekdikti dalam sambutan tertulisnya Menristekdikti menyampaikan bahwa “ Tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 ini adalah “SDM Unggul, Indonesia Maju”.  Tema ini mengandung makna bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia. Artinya Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan. Sumber Daya Manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0, disadari bahwa kemajuan industri yang berjalan di Indonesia tidak cukup hanya dengan infrastruktur, akan tetapi harus didukung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan peningkatan kualitas SDM dapat ditempuh dengan perbaikan pendidikan untuk menjalankan kemajuan teknologi seiring kemajuan industri 4.0. Dalam menciptakan SDM yang unggul Perguruan Tinggi harus tampil sebagai garda terdepan dalam mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa datang. Satu hal yang harus ditempuh adalah selalu meningkatkan kualitas SDM perguruan tinggi, serta menyiapkan diri agar mampu beradaptasi untuk mencapai keberhasilan dalam membangun bangsa. Menristekdikti juga berharap agar jangan terlalu cepat puas dengan capaian dan kompetensi yang kita miliki dan terlena dengan zona nyaman. Keunggulan SDM di era ini dapat dilihat dari tingkat inovasi dan kreativitas yang dihasilkan. Perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan LPNK harus saling bahu membahu, bekerja sama, menjadi lokomotif inovasi dan kreativitas bangsa, menjadi penggerak pembinaan dan pembudayaan inovasi dan kreativitas. Hal ini telah didukung dengan terbitnya undang-undang Sistem Nasional Iptek, sebagai pengganti atas undang-undang Nomor 18 Tahun 2002 yang menjadi momentum emas dalam peningkatan pembangunan kapasitas SDM iptek dan peningkatan karya-karya besar invensi dan inovasi”.

Selesai pelaksanaan upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 74 , seluruh civitas akademik dan undangan menyaksikan  aktrasi dari beberapa UKM di Politeknik Negeri Nusa Utara. (ef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *